Definisi Otak Manusia Menurut Para Ahli

Definisi Otak Manusia Menurut Para Ahli

Selamat datang di website kesehatan www.herbalwalatra.com. Di situs ini Anda bisa mencari informasi- penting seputar kesehatan serta pengobatannya yang sangat bermanfaat bagi Anda. Dalam Kesempatan kali ini kami akan menginformasikan mengenai Defenisi Otak Manusia Menurut para ahli. Simak baik-baik penjelasannya di bawah ini.

Definisi Otak Manusia Menurut Para Ahli

Defenisi Otak

Definisi Otak Manusia Menurut Para Ahli– Otak ialah sebuah organ pusat sistem syaraf yang menakjubkan yang mengendalikan semua fungsi tubuh, menafsirkan informasi dari dunia luar, dan mewujudkan esensi pikiran dan jiwa. Kecerdasan, kreativitas, emosi, dan ingatan adalah beberapa dari banyak hal yang diatur oleh otak. Otak dilindungi di dalam tengkorak, otak terdiri dari serebri, serebelum, dan batang otak. Batang otak bertindak sebagai pusat relai yang menghubungkan serebrum dan serebelum ke sumsum tulang belakang.

Ukuran otak manusia berbeda-beda tergantung jenis kelamin, umur dan ukuran fisik seseorang. Ukuran otak manusia mencapai maksimum pada umur 18 tahun. Berat otak orang dewasa sekitar 1,4 Kg. Otak manusia terdiri atas dua belahan (hemisfer) yang besar. Oleh karena itu terdapat saraf yang menyilang pada jalur spinal, maka belahan otak kiri mengendalikan sisi kanan tubuh dan otak kanan mengendalikan sisi kiri tubuh.

Sistem syaraf otak

Sistem saraf otak dibagi menjadi dua, yaitu sistem sentral dan periferal. Sistem saraf sentral/pusat (SSP) terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang. Sistem saraf perifer (PNS) terdiri dari saraf tulang belakang yang bercabang dari sumsum tulang belakang dan saraf kranial yang bercabang dari otak. PNS mencakup sistem saraf otonom, yang mengendalikan fungsi vital seperti pernapasan, pencernaan, detak jantung, dan sekresi hormon.

Sebelum menjelajahi berbagai wilayah otak ini, pertama mari kita definisikan jenis sel dan jaringan penting yang merupakan blok bangunan dari semua organ tubuh.

Sel otak bisa di bagi menjadi dua bagian, neuron dan neuroglia

Neuron , atau sel saraf, adalah sel yang melakukan semua komunikasi dan pemrosesan di dalam otak. Neuron sensoris yang memasuki otak dari sistem saraf perifer menyampaikan informasi tentang kondisi tubuh dan sekitarnya. Sebagian besar neuron dalam materi abu-abu otak adalah interneuron, yang bertanggung jawab untuk mengintegrasikan dan memproses informasi yang dikirim ke otak melalui neuron sensorik. Interneurons mengirim sinyal ke neuron motorik, yang membawa sinyal ke otot dan kelenjar.

Neuroglia , atau sel glial, bertindak sebagai sel penolong otak; mereka mendukung dan melindungi neuron. Di otak ada empat jenis sel glial yaitu : astrosit, oligodendrosit, mikroglia, dan sel ependymal.

  • Astrosit melindungi neuron dengan menyaring nutrisi dari darah dan mencegah zat kimia dan patogen meninggalkan kapiler otak.
  • Oligodendrosit membungkus akson neuron di otak untuk menghasilkan insulasi yang dikenal sebagai myelin. Akson mielin mengirimkan sinyal saraf jauh lebih cepat daripada akson yang tidak berdaun, sehingga oligodendrosit mempercepat kecepatan komunikasi otak.
  • Microglia bertindak seperti sel darah putih dengan menyerang dan menghancurkan patogen yang menyerang otak.
  • Sel ependimaris membentuk kapiler dari pleksus koroid dan menyaring plasma darah untuk menghasilkan cairan serebrospinal.

Dan Jaringan otak terbagi menjadi dua kelas utama yaitu : Materi abu-abu dan materi putih

Dua belahan besar, kiri dan belahan otak kanan, membentuk jaringan otak. Bagian luar otak terdiri dari materi abu-abu, sedangkan bagian dalam adalah materi putih.

  • Materi abu-abu terbuat dari kebanyakan neuron yang tidak berhias, yang sebagian besar merupakan interneuron. Area materi abu-abu adalah bidang koneksi dan memprosesan syaraf.
  • Materi putih merupakan komponen sistem saraf pusat yang terdiri dari akson bermielin. Fungsi utama materi putih (white matter) ini adalah untuk menghubungkan pusat-pusat informasi yang didapatkan oleh otak.

Itulah penjelasan mengenai Defenisi dan pengertian otak manusia yang dapat kami sampaikan. Terimakasih terlah berkunjung dan membaca artikel kami sampai tuntas, semoga bermanfaat.

Baca juga Artikel menarik lainnya :

Walatra Brain Nutrition (Suplemen Untuk menjaga kesehatan otak)

Posted by : Herbal walatra

Definisi Otak Manusia Menurut Para Ahli

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *