Berbagai Jenis Dan Macam Penyakit Otak Manusia

Berbagai Jenis Dan Macam Penyakit Otak Manusia

Selamat Datang Di website kesehatan www.herbalwalatra.com. Disitus ini  Anda bisa mencari informasi-informasi seputar kesehatan yang sangat bermanfaat bagi Anda. Dalam kesempatan kali ini kami akan menginformasikan mengenai Jenis-jenis Dan Macam-macam Penyakit Otak Manusia. Oleh Karena itu, maka simak baik-baik penjelasannya di bawah ini sampai tuntas.

Berbagai Jenis Dan Macam Penyakit Otak Manusia

Berbagai Jenis Dan Macam Penyakit Otak Manusia

Berbagai Jenis Dan Macam Penyakit Otak Manusia– Otak merupakan pusat kendali seluruh tubuh . dan otak adalah bagian dari sistem saraf, yang juga mencakup sumsum tulang belakang dan jaringan syaraf dan neuron yang besar. Bersama-sama, sistem saraf mengendalikan segala hal mulai dari indera hingga otot-otot di seluruh tubuh Anda.

Bila otak Anda rusak, hal itu bisa mempengaruhi banyak hal, termasuk ingatan, sensasi, dan bahkan kepribadian Anda. Gangguan otak mencakup segala kondisi atau kecacatan yang mempengaruhi otak Anda.  oleh karena itu, anda harus mengenal apa saja penyakit yang dapat menyerang otak. Supaya Anda dapat mencegahnya sedini mungkin, agar Anda tidak terserang dari penyakit otak tersebut.

Lalu Apa saja Macam-macam penyakit otak manusia itu ?

1. Penyakit Alzheimer

Alzheimer merupakan suatu jenis peyakit penurunan fungsi syaraf otak yang kompleks dan progresif. Peyakit alzheimer bukanlah sejenis penyakit yang menular.

Penyakit Alzheimer adalah gangguan otak progresif yang perlahan menghancurkan ingatan dan kemampuan berpikir, Pada kebanyakan orang dengan penyakit ini – mereka yang tipe gejala awal mulai muncul pada usia pertengahan 60an. Alzheimer awal terjadi antara usia 30-an dan pertengahan 60an. Penyakit Alzheimer adalah penyebab demensia yang paling umum di kalangan orang dewasa yang lebih tua.

2. Meningitis

Meningitis adalah pembengkakan selaput (meninges) yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang Anda. Bengkak dari meningitis biasanya memicu gejala seperti sakit kepala, demam dan leher yang kaku.

Sebagian besar kasus meningitis disebabkan oleh infeksi virus, namun infeksi bakteri dan jamur juga adalah penyebab lainnya. Beberapa kasus meningitis membaik tanpa pengobatan dalam beberapa minggu. Tetapi Manigitis juga bisa mengancam nyawa dan memerlukan pengobatan secepat mungkin.

3. Parkinson

penakit parkinson adalah suatu kondisi kelainan syaraf progresif yang semakin memburuk selama priode bertahun-tahun dengan kehilangan kontrol pergerakan otot. Pada tahap awal, gejala mungkin adalah tangan bergetar. Selain itu, penyakit ini juga menyebabkan otot kaku atau gerakan motorik melambat.

Orang berumur lebih dari 60 tahun rentan terhadap penyakit ini. Namun, orang yang lebih muda mungkin juga mengalaminya. Penyakit ini umumnya mempengaruhi lebih banyakpria daripada wanita.

4. Migrain

Migrain dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat atau sensasi berdenyut, biasanya hanya di satu sisi kepala. Sering disertai mual, muntah, dan kepekaan ekstrim terhadap cahaya dan suara. Serangan migren dapat menyebabkan rasa sakit yang signifikan selama berjam-jam sampai beberapa hari dan bisa sangat parah sehingga rasa sakitnya melumpuhkan.

Migren sering dimulai pada masa kanak-kanak, remaja atau awal masa dewasa. Migren dapat berkembang melalui empat tahap: prodrom, aura, sakit kepala dan post-drome.

Migrain biasanya berlangsung dari empat sampai 72 jam jika tidak diobati. Frekuensi yang menyebabkan sakit kepala bervariasi dari orang ke orang. Migren mungkin jarang terjadi, atau menyerang beberapa kali dalam sebulan. Selama migrain, Anda mungkin mengalami:

  • Nyeri di satu sisi atau kedua sisi kepala Anda
  • Rasa sakit yang terasa berdenyut atau berdenyut
  • Sensitivitas terhadap cahaya, suara, dan terkadang berbau dan sentuhan
  • Mual dan muntah
  • Penglihatan kabur
  • Lightheadedness, kadang diikuti dengan pingsan

5. Tumor otak

Tumor otak adalah massa atau pertumbuhan sel abnormal di otak Anda atau dekat dengan otak Anda.

Berbagai jenis tumor otak ada. Beberapa tumor otak bersifat non kanker (jinak), dan beberapa tumor otak bersifat kanker (ganas). Tumor otak bisa dimulai di otak Anda (tumor otak primer), atau kanker dapat dimulai di bagian lain tubuh Anda dan menyebar ke otak Anda (tumor otak sekunder atau metastasis).

6.Epilepsi

Epilepsi adalah kelainan kronis yang menyebabkan peradangan berulang yang tidak beralasan. Kejang adalah derasnya aktivitas listrik di otak. Ada dua tipe utama kejang. Kejang umum mempengaruhi keseluruhan otak. Serangan fokal, atau sebagian, hanya mempengaruhi satu bagian otak.

Kejang yang lebih kuat dapat menyebabkan kejang dan otot tak terkendali, dan bisa berlangsung beberapa detik sampai beberapa menit. Selama kejang yang lebih kuat, beberapa orang menjadi bingung atau kehilangan kesadaran. Setelah itu Anda mungkin tidak ingat akan hal itu terjadi.

7. Stroke

Stroke adalah “serangan otak”. Hal itu bisa terjadi pada siapa saja kapan saja. Itu terjadi saat darah mengalir ke area otak terputus. Bila ini terjadi, sel otak kekurangan oksigen dan mulai mati. Ketika sel otak mati saat stroke, kemampuan yang dikendalikan oleh area otak seperti memori dan kontrol otot hilang.

Itulah berberpa macam dan jenis penyakit yang menyerang otak manusia, Sekian penjelasan dari kami, semoga dengan adanya artike ini, kami bisa membantu anda dalam hal mengetahui apa saja penyakit yang menyerang pada otak manusia. Terimakasih Telah berkunjung di website kami, semoga bermanfaat. 🙂

Baca Juga :

Suplemen Otak Untuk Lansia

Walatra Brain Nutrition ( Suplemen nutrisi untuk Kesehatan Otak )

Posted by : Herbal Walatra

Berbagai Jenis Dan Macam Penyakit Otak Manusia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *