Sakit Kepala Cluster, Apakah Bisa Sembuh ?

Sakit Kepala Cluster, Apakah Bisa Sembuh ?

Sakit Kepala Cluster, Apakah Bisa Sembuh ?

Sakit Kepala Cluster, Apakah Bisa Sembuh ? -Sakit kepala Cluster ( cluster headache ) adalah serangkaian sakit kepala yang relatif singkat namun sangat menyakitkan setiap hari selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan pada suatu waktu. Dikarenakan sakit kepala cluster muncul secara rutin pada periode tertentu, kebanyakan orang menyangka sakit kepala cluster sebagai gejala alergi musiman atau depresi akibat pekerjaan.

Istilah cluster headache harus digunakan dengan hati-hati karena kadang-kadang orang akan menganggap sakit kepala mereka sebagai “sakit kepala cluster” karena mereka memiliki sakit kepala yang terjadi pada “cluster”, yang berarti sakit kepala yang terjadi kembali ke hari berikutnya atau sakit kepala sering terjadi.

Istilah “cluster headache” tidak boleh digunakan untuk menggambarkan sakit kepala yang sering terjadi namun hanya ditujukan untuk orang-orang yang memenuhi kriteria diagnostik untuk sakit kepala cluster sebagaimana digariskan oleh International Headache Society. Silakan merujuk ke situs web International Classification of Headache Disorders edisi 3 untuk informasi lebih lanjut mengenai kriteria yang digunakan untuk diagnosis sakit kepala cluster.

Apa saja gejala sakit kepala cluster ?

Gejala sakit kepala clustar ditandai dengan nyeri sepihak (sepihak), meski untuk beberapa orang, gejala dapat bervariasi dari waktu ke waktu. Kebanyakan orang dengan sakit kepala cluster menggambarkan rasa sakit mereka saat terjadi di sekitar atau di belakang mata. Nyeri bisa menyebar di sepanjang dahi, masuk ke rahang atau di sepanjang garis gusi dan masuk ke gigi , atau di pipi sisi yang terkena. Tak jarang, rasa sakit bisa meluas ke telinga, leher, atau bahu.

Sakit kepala cluster menyerang dengan cepat, biasanya tanpa peringatan, meskipun Anda mungkin pertama kali menderita migren seperti mual dan aura. Tanda dan gejala umum saat sakit kepala meliputi :

  • Rasa sakit yang luar biasa, umumnya terletak di atau sekitar satu mata, tapi bisa menyebar ke area wajah lain, kepala,
  • Leher dan bahu.
  • Nyeri sepihak
  • Kegelisahan
  • Kemerahan pada mata Anda di sisi yang terkena
  • Stuffy atau pilek di sisi yang terkena
  • Dahi atau wajah berkeringat
  • Kulit pucat (pucat) atau kemerahan di wajah Anda
  • Bengkak di sekitar mata Anda di sisi yang terkena
  • Melorot kelopak mata

Apakah sakit kepala Cluster bisa sembuh ?

Sakit kepala tipe cluster merupakan penyakit yang berlangsung lama, dan biasanya pada kebanyakan kasus sakit kepala tipe cluster sulit untuk sembuh total. Biasanya sakit kepala cluster akan berulang suatu saat.

Untuk memastikan penyebab dari sakit kepala, dan untuk berkonsultasi mengenai sakit kepala yang anda rasakan, sebaiknya anda pergi ke dokter spesialis saraf. Mungkin nanti akan dilakukan beberapa pemeriksaan tambahan seperti rontgen dan MRI jika memang diperlukan.

Itulah penjelasan mengenai Sakit kepala Cluster, semoga bermanfaat. Terimakasih. Dan sampai jumpa di artikel selanjutnya 🙂

Baca juga : Ciri Dan Gejala Penderita Penyakit Vertigo Kronis

Posted By : Herbal Walatra

Sakit Kepala Cluster, Apakah Bisa Sembuh ?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *