Penyebab Jaundice Pada Bayi Baru Lahir

Penyebab Jaundice Pada Bayi Baru Lahir

Selamat Datang di situs web kesehatan www.herbalwalatra.com. disini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai Penyebab Jaundice Pada Bayi Baru Lahir, yang mungkin sebagian orang belum mengetahuinya.

Penyebab Jaundice Pada Bayi Baru Lahir -Bayi yang baru lahir pasti sering kali mengalami jaundice atau kuning pada bayi karena proses fungsi hati yang belum stabil. Hampir 60%-70% bayi yang baru lahir akan terlihat kuning pada minggu pertama setelah mereka lahir. Sekitar 5-10% dari mereka membutuhkan penanganan khusus karena kadar bilirubinnya yang secara signifikan tinggi, sehingga dibutuhkan fototerapi. Pada kebanyakan kasus kondisi tersebut tidak berbahaya sehingga tidak dibutuhkan penanganan khusus.

Penyebab Jaundice Pada Bayi Baru Lahir

Penyebab Jaundice Pada Bayi Baru Lahir

Bayi kuning atau jaundice adalah suatu keadaan dimana kadar bilirubin dalam darah tinggi dan terjadi pada minggu pertama kehidupan sang bayi. Kadar bilirubin dalam darah bersifat toksik bagi perkembangan system saraf pusat bayi, hal ini dapat membahayakan pada bayi. Oleh karena itu kalau bayi anda mengalami hal tersebut maka segeralah meminta bantuan dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut .

Jaundice pada bayi disebabkan oleh beberapa hal yaitu :

KURANGNYA ASUPAN ASI

Kurangnya Asi yang diterima oleh bayi dapat mempengaruhi fungsi pada hatinya.

GLAKTOSEMIA

Glaktosemia adalah gula susu. Bayi dengan galaktosemia tidak memiliki enzim yang diperlukan untuk memecah galaktosa. Tingginya kadar galaktosa dapat menyebabkan sirosis hati dan akhirnya kuning.

FUNGSI ORAGAN HATI PADA BAYI BELUM STABIL

Organ hati dan usus pada bayi belum berfungsi dengan optimal pada minggu-minggu awal setelah kelahiran sehingga belum bisa mengolah bilirubin dengan baik. Sehingga dapat mengakibatkan jaundice pada bayi.

ADANYA MEMAR DI TUBUH BAYI

Tidak menutup kemungkinan jaundice pada bayi juga dapat disebabakan oleh akibat benturan yang mengakibatkan memar saat proses melahirkan. Sehingga Tubuh akan menghancurkan darah beku penyebab memar tersebut sehingga turut berperan dalam peningkatan jumlah bilirubin dalam tubuh.

USIA SEL DARAH MERAH YANG PENDEK

Usia sel darah merah pada bayi lebih cepat daripada orang dewasa sehingga terjadi pemecahan sel darah merah lebih cepat. Dengan lebih cepatnya sel darah merah pecah, maka akan cepat proses bilirubin terkumpul. dan kan menyebabkan jaundice pada bayi.

Itulah bebrapa penyebab terjadinya jaundice atau kuning pada bayi. Demikianlah ulasan singkat dari kami tentang Penyebab Jaundice Pada Bayi Baru Lahir. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Baca juga : Ciri Dan Tanda Jaundice Pada Bayi

Posted By: Herbal Walatra

Penyebab Jaundice Pada Bayi Baru Lahir

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *