Ketahuilah Ciri dan Tanda Penyakit Gondok Beracun

Ketahuilah Ciri dan Tanda Penyakit Gondok Beracun

Selamat datang diwebsite kesehatan Herbal Walatra. Disini Anda bisa Mencari informasi-informasi penting dan menarik seputar kesehatan yang sangat bermanfaat bagi Anda. Dalam Kesempatan Kali ini kami akan membahas mengenai Ciri dan tanda penyakit gondok beracun. Maka dari itu, simak baik-baik penjelasan tentang gondok beracun di bawah ini sampai tuntas.

Ketahuilah Ciri dan Tanda Penyakit Gondok Beracun

Ketahuilah Ciri dan Tanda Penyakit Gondok Beracun -Gondok adalah kelenjar yang ditemukan di leher Anda tepat di bawah jakun Anda. Ini mengeluarkan hormon yang membantu mengatur fungsi tubuh, termasuk metabolisme, proses yang mengubah makanan menjadi energi.

Ini juga mengatur detak jantung, pernapasan, pencernaan, dan suasana hati. Kondisi yang meningkatkan ukuran tiroid Anda disebut gondok. Gondok dapat berkembang pada siapa saja, tetapi lebih sering terjadi pada wanita. Kadang-kadang, itu mempengaruhi cara fungsi tiroid.

Apa Bedanya Gondok Biasa Dan Gondok beracun ?

Sebenarnya yang membedakan penyakit gondok biasa dan gondok beracun yaitu dalam gejalanya, gondok beracun mengacu pada pembesaran tiroid yang tidak terkait dengan kelebihan produksi hormon tiroid atau keganasan. tiriod bisa sangat jelas dilihat ketika tiroid menjadi membesar di leher.

Ada beberapa faktor penyebab yang dapat mengakibatkan kelenjar tiroid menjadi lebih besar. Kekurangan yodium merupakan salah satunya penyebab dari penyakit gondok beracun.

Apa saja Ciri dan Tanda Penyakit Gondok Beracun ?

Tidak semua penderita gondok mengalami gejala. Namun apabila terjadi gejala , maka munculnya benjolan abnormal atau pembengkakan pada leher adalah tanda utama yang akan dikeluhkan oleh pasien. Gejala terkait lainnya  termasuk:

  • Nyeri di sisi wajah di mana ia bengkak.
  • Nyeri dialami saat menelan.
  • Kesulitan menelan.
  • Demam (hingga 103 derajat Fahrenheit).
  • Mulut kering .
  • Nyeri pada persendian.

Lalu, apa saja komplikasi penyakit gondok beracun ?

Komplikasi lebih sering terjadi pada orang dewasa daripada anak-anak, yang paling umum adalah:

  • Orchitis – testikel membengkak dan menjadi menyakitkan, ini terjadi pada 1 dari 5 pria dewasa dengan gondong.
  • Pembengkakan biasanya turun dalam waktu 1 minggu; kelembutan bisa bertahan lebih lama dari itu. Ini jarang menyebabkan infertilitas .
  • Oophoritis – indung telur membengkak dan menyakitkan; itu terjadi pada 1 dari 20 wanita dewasa. Pembengkakan akan mereda karena sistem kekebalan tubuh melawan virus. Ini jarang menyebabkan infertilitas.
  • Viral meningitis – ini adalah salah satu komplikasi umum yang paling langka. Itu terjadi ketika virus menyebar melalui aliran darah dan menginfeksi sistem saraf pusat tubuh (otak dan sumsum tulang belakang).
  • Pankreas meradang (pankreatitis) – nyeri akan dialami di perut bagian atas; ini terjadi pada 1 dari 20 kasus dan biasanya ringan.

Itulah beberapa ciri dan gejala penyakit gondok beracun yang dapat kami sampaikan, semoag bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa di artikel selanjutnya 🙂

Baca juga : Obat Tradisional Untuk Gondok Beracun

Posted by : Herbal Walatra

Ketahuilah Ciri dan Tanda Penyakit Gondok Beracun

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *