Ciri Dan Tanda Jaundice Pada Bayi

Ciri Dan Tanda Jaundice Pada Bayi

Ciri Dan Tanda Jaundice Pada Bayi -Apa itu jaundice ?. Jaundice atau penyakit kuning merupakan gejala awal dari penyakit hati atau gangguan fungsi hati yang mana ditandai dengan warna mata menjadi kuning dan tubuh menguning. Gejala lainnya bisa berupa urine yang berwarna keruh (gelap) dan tinja yang berwarna pucat.

Jaundice Disebabkan oleh tingginya kadar bilirubin pada tubuh manusia. Biasanya konsentrasi bilirubin pada darah harus melebihi 2–3 mg/dL untuk menimbulkan warna kuning yang bisa terlihat oleh kasat mata. Jaundice berasal dari Bahasa Perancis yaitu jaune, yang berarti kuning. Cairan empedu masuk ke dalam darah, sehingga tubuh tampak kekuningan.

Ciri Dan Tanda Jaundice Pada Bayi

Ciri Dan Tanda Jaundice Pada Bayi

Jaundice atau penyakit kuning pada umumnya tidak membahayakan bayi. Jaundice atau penyakit kuning bayi bahkan menyerang 50% bayi yang baru lahir, akan tetapi akan hilang dengan sendirinya pada saat bayi berusia 1-2 minggu. Tindakan khusus akan dilakukan jika kadar bilirubin meningkat dengan tajam, akan tetapi Anda jangan khawatir sebab penanggulangan penyakit kuning pada bayi ini sangat sederhana yaitu melalui terapi cahaya.

ciri ciri penyakit jaundice bayi pada umumnya :

  • Bagian wajah, dada, perut, lengan, dan kaki berwarna kuning.
  • bagian warna putih mata yang menjadi kuning.
  • mulut bagian dalam berwarna kuning
  • Ada alat khusus yang diletakkan di dahi bayi, jika hasilnya positif maka dokter akan memeriksa kandungan bilirubin bayi.

Tetapi penyakit kuning pada bayi juga harus di waspadai kalau ada ciri ciri seperti peningkatan kadar bilirubin terlalu cepat, penyakit kuning muncul 24 jam pertama kelahiran bayi, suhu badan tidak setabil, susah minum susu, dan bayi tidak aktif, warna urine terlalu pekat seperti teh, warna kuning tidak hilang lebih dari dua minggu.

Ciri dan tanda jaundice pada bayi sangat gampang di ketahui kerena sudah terlihat jelas oleh kasat mata. Jika anda melihat tanda tanda di atas pada bayi anda maka segeralah melakukan pemeriksaan agar tidak mengalami penyakit kuning yang semakin parah.

Itulah beberapa ciri dan tanda jaundice pada bayi. Demikianlah penjelasan dari kami mengenai Ciri Dan Tanda Jaundice Pada Bayi. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Baca juga : Penyebab Penyakit Nekrosis Pada Tulang

Posted By: Herbal Walatra

Ciri Dan Tanda Jaundice Pada Bayi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *