Awas Pikun Dini, Kenali 6 Gejala Berikut Ini

Awas Pikun Dini, Kenali 6 Gejala Berikut Ini

Selamat datang dan berkunjung di website kesehatan www.herbalwalatra.com. Di situs ini Anda bisa mencari informasi-informasi penting seputar kesehatan yang sangat bermanfaat untuk Anda. Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai beberapa gejala penyakit pikun dini. Maka dari itu, simak baik-baik penjelasannya berikut ini sampai tuntas.

Awas Pikun Dini, Kenali 6 Gejala Berikut Ini

Awas Pikun Dini, Kenali 6 Gejala Berikut Ini – Pikun merupakan penyakit otak yang menyebabkan penurunan ingatan, kemampuan berpikir dan penalaran yang lambat. Penyakit ini dapat diartikan dengan hilangnya memori atau daya ingat hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selain menyerang pada lansia, penyakit ini juga rentan terhadap seorang remaja dan seseorang di bawah umur 60 tahunan. Hali in dapat di sebabkan oleh gaya hidup yang salah dan tidak sehat.

untuk pencegahan pikun di usia muda, yuk, mari kita kenali 6 gejala berikut ini 🙂

1. Sering Lupa

Hal pertama yang harus dikenali adalah munculnya gangguan pada daya ingat, seperti lupa pada kejadian yang terjadi, lupa pada janji dan menceritakan hal-hal yang sama secara berulang kali.

Gejala ini perlu diwaspadai apabila terjadi terus menerus dengan frekuensi yang tinggi.

2. Kebingungan

Seseorang pada tahap awal demensia/pikun mungkin sering menjadi bingung. Saat ingatan, pemikiran, atau penghakiman, kebingungan mungkin timbul karena mereka tidak dapat lagi mengingat wajah, menemukan kata-kata yang tepat, atau berinteraksi dengan orang-orang secara normal.

Kebingungan dapat terjadi karena sejumlah alasan dan berlaku untuk situasi yang berbeda. Misalnya, mereka mungkin salah menaruhkan kunci mobil mereka, lupakan apa yang akan terjadi di kemudian hari, atau sulit mengingat seseorang yang pernah mereka temui sebelumnya.

3. Kesulitan Menyelesaikan Tugas Normal

Pergeseran halus dalam kemampuan menyelesaikan tugas normal mungkin menunjukkan bahwa seseorang mengalami demensia dini. Ini biasanya dimulai dengan kesulitan melakukan tugas yang lebih rumit seperti menyeimbangkan buku cek atau bermain game yang memiliki banyak aturan.

Seiring dengan perjuangan untuk menyelesaikan tugas yang tidak asing lagi, mereka mungkin berjuang untuk belajar melakukan hal baru atau mengikuti rutinitas baru.

4. Kesulitan Menemukan Kata-Kata Yang Tepat

Gejala awal pikun/demensia lainnya adalah berjuang untuk mengkomunikasikan pikiran. Seseorang dengan demensia mungkin mengalami kesulitan untuk menjelaskan sesuatu atau menemukan kata-kata yang tepat untuk diungkapkan. Melakukan percakapan dengan orang yang mengalami demensia bisa menjadi sulit, dan mungkin perlu waktu lebih lama dari biasanya untuk menyimpulkan.

5. Apatis/Kelesuan

Apatis , atau kelesuan, biasanya terjadi pada awal demensia. Seseorang dengan gejala bisa kehilangan minat pada hobi atau aktivitas. Mereka mungkin tidak ingin keluar lagi atau melakukan sesuatu yang menyenangkan. Mereka mungkin kehilangan minat untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga, dan mungkin terlihat sangat datar.

6. Kesulitan Memahami Visuospasial

Penderita secara berangsur-angsur akan kesulitan dalam membaca, mengukur jarak, menentukan jarak, membedakan warna hingga menabrak cermin saat berjalan.

Itulah beberapa gejala penyakit pikun dini yang perlu kita ketahui. Demikianlah penjelasan dari kami, semoga bermanfaat, terimakasih. Dan sampai jumpa di artikel selanjutnya 🙂

Baca juga :

Cara Mengatasi Pikun Pada Usia Muda

Gejala Dan Tanda Penyakit Meningitis

Ciri Ciri Sakit Kepala Karena Tekanan Darah Tinggi

Posted by : Herbal walatra

Awas Pikun Dini, Kenali 6 Gejala Berikut Ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *